Tuesday, June 28, 2016

Hakikat Laporan Penelitian Tindakan Kelas

Hakikat Laporan Penelitian Tindakan Kelas

            Laporan PTK adalah laporan yang ditulis secara sistematis berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri. Laporan ini ditulis karena merupakan dokumen yang dapat dijadikan acuan, harus diserahkan kepada pihak sponsor, serta dapat diketahui oleh umum, terutama oleh para guru yang barangkali mengalami masalah yang sama dengan yang dilaporkan.
            Sistematika laporan PTK pada umumnya tidak jauh berbeda dari laporan penelitian formal. Sesuai dengan format laporan PTK yang terdapat dalam panduan Direktorat Jendral Pendidikan, maka sistematika laporan PTK dibuat sebagai berikut
Laporan Penelitian Tindakan Kelas
Halaman Judul
Lembar Pengesahan
Abstrak
Daftar Isi
I.          Pendahuluan
            A.         Latar Belakang Masalah
            B.         Rumusan Masalah
            C.         Tujuan Penelitian
            D.         Manfaat Penelitian
II.         Kajian Pustaka
III.        Pelaksanaan Penelitian
            A.         Subjek Penelitian
            B.         Deskripsi per Siklus
IV.        Hasil Penelitian dan Pembahasan
            A.         Deskripsi per Siklus
            B.         Pembahasan dari setiap siklus
V.         Kesimpulan dan Saran
            A.         Kesimpulan
            B.         Saran
Daftar Pustaka
Lampiran
            Judul penelitian hendaklah menggambarkan aktivitas perbaikan yang dilaksanakan sebagai fokus PTK
            Abstrak memuat sari pati dari setiap komponen penelitian, mulai dari masalah, tujuan ppenelitian, pelaksanaan penelitian, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan dan saran. Dengan membaca abstrak orang akan mendapat gambaran umum mengenai PTK yang dilaporkan
            Pendahuluan memuat latar belakang munculnya masalah, analisis dan perumusan masalah, serta tujuan dan manfaat penelitian.
            Kajian pustaka menguraikan tentang berbagai teori/hasil penelitian yang terkait dengan masalah penelitian, yang dapat dijadikan acuan dalam merancang perbaikan dan membahas hasil penelitian.
            Pelaksanaan penelitian mengungkapkan tentang subjek penelitian, prosedur pelaksanaan per siklus dengan data lengkap, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data, dan cara refleksi.
            Hasil penelitian dan pembahasan menyajikan hasil penelitian setiap siklus dengan data lengkap, mulai dari perencanaan, pelaksanaan pengamatan, refleksi, yang berisi penjelasan tentang keberhasilan dan kelemahan yang terjadi. Bagian ini didukung dengan tabel dan grafik, dan disertai dengan pembahasan mengapa hasilnya seperti itu.
            Kesimpulan dan saran berisi kesimpulan dari hasil penelitian dan saran untuk menindaklanjuti hasil penelitian tersebut.

            Daftar pustaka memuat semua sumber yang digunakan sebagai acuan, yang disusun berdasarkan abjad dengan menggunakan gaya penulisan tertentu.

No comments:

Post a Comment