Saturday, June 25, 2016

PENGEMBANGAN KOGNITIF PADA KURIKULUM 2004

PENGEMBANGAN KOGNITIF PADA KURIKULUM 2004
Latar Belakang Perubahan Kurikulum 2004
               Perubahan kurikulum 1994 menjadi kurikulum 2004 dilatarbelakangi oleh adanya perubahan ilmu dan teknologi yang terus berkembang pesat di era globalisasi yang semakin tidak tebendung.
               Paradikma perubahan kurikulum terjadi seiring dengan adanya perubahan yang terjadi dalam Sistem Pendidikan Nasional seperti yang tertuang dalam UU No. 20 tahun 2003. Selain itu didasari pula dengan adanya konferensi UNESCO di Dakar yang bersemboyankan “Education for All, All for Education”.
               Analisis kurikulum 2004 berisikan sejumlah dokumen penting yang dijadikan pedoman dasar dan harus dikuasai oleh pengembang sebelum pengimplementasian kurikulum di lapangan.
Struktur kurikulum Berbasis Kompetensi TK dan RA
               Standar kompetensi bagi TK dan RA terdiri dari bidang pengembangan pembentukan perilaku melalui pembiasaan dan bidang pengembangan kemampuan dasar yang terdiri dari kemampuan kognitif, berbahasa, fisik dan motorik serta kemampuan seni.

               Pengembangan kognitif bertujuan mengembangkan kemampuan berpikir anak untuk mengolah perolehan belajarnya, dapat menemukan bermacam-macam alternatif pemecahan masalah, membantu anak mengembangkan kemampuan logika, matematiknya dan pengetahuan akan ruang dan waktu, serta mempunyai kemampuan untuk memilah-milah, mengelompokkan, serta mempersiapkan pengembangan kemampuan berpikir teliti.

No comments:

Post a Comment