METODE PENGEMBANGAN KOGNITIF


Metode yang Digunakan pada Pengembangan Kognitif
               Metode merupakan bagian dari strategi kegiatan. Setiap pendidik menggunakan metode sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.
               Sebagai alat untuk mencapai tujuan tidak selamanya metode berfungsi secara maksimal. Oleh karena itu dalam memilih metode, pendidik perlu memiliki alasan yang kuat dan perlu memperhatikan karakteristik tujuan dan karakteristik anak yang dibinanya.
               Sesuai dengan karakteristik, tidak semua metode mengajar cocok digunakan pada program kegiatan anak Taman Kanak-kanak, seperti metode ceramah, kurang cocok karena menuntut anak memusatkan perhatian dalam waktu cukup lama, padahal rentang waktu perhatian anak sangat singkat.
               Metode mengajar yang sesuai dengan karakteristik anak usia Taman Kanak-kanak adalah bermain, pemberian tugas, demonstrasi, tanya jawab, mengucapkan syair, percobaan, bercerita, karya wisata, dan dramatisasi.
Evaluasi Pengembangan Kognitif
               Evaluasi pada pengembangan kognitif bertujuan untuk mengukur kemampuan pelaksanaan pada perkembangan kognitif, serta mengetahui masalah yang berkaitan dengan proses belajar anak didik.
               Alasan diadakannya evaluasi pada pengembangan kognitifadalah karena merupakan salah satu rangkaian proses mengembangkan kognitif anak, maka evaluasi harus dilakukan; evalusasi diadakan dengan tujuan yang didasarkan pada pengharapan setiap individu  yang berbeda sehingga evaluasi harus dilakukan berdasarkan ukuran keberhasilan yang berbeda pula; melalui evaluasi dapat ditentukan tingkat ketercapaian tujuan.

               Alat evaluasi yang dapat digunakan untuk mengetahui pengembangan kognitif anak Taman Kanak-kanak adalah; observasi, catatan anekdot, portofolio, asesmen kinerja, asesmen kemampuan, asesmen diri.

No comments:

Post a Comment