Perkembangan Sosioemosional Anak Usia Dini
Perkembangan emosi anak usia dini merupakan proses yang
sangat kompleks. Perkembangan emosi berkaitan dengan temperamen, perasaan,
reaksi, konsep diri, dan harga diri.
Emosi anak usia dini adalah bukti dalam menunjukan ekspresi,
bahasa tubuh, postur tubuh, bahasa tubuh yang lain, suara/vokal, bahasa, gaya
komunikasi, dan perilaku yang ditimbulkan karena bermain dengan alat-alat
mainan dan alat-alat pembelajaran.
Perkembangan sosial mulai dari lahir dan muncul dari
interaksi dengan lingkungan di dalam rumah dan di luar rumah. Perkembangan
sosial adalah proses yang muncul melalui belajar mengenai dirinya dan orang lain, membuat dan
menjaga pertemanan. Perkembangan sosial dipengaruhi oleh sejumlah peristiwa sosialisasi
dan afiliasi, rumah dan keluarga,
anggota keluarga yang lebih luas, loyalitas terhadap organisasi, tempat
penitipan anak dan lembaga pendidikan, teman sepermainan dan teman sebaya,
tetangga dan media.
Ada
beberapa pandangan mengenai perkembangan sosioemosional yaitu pengetahuan
sosial konvensional dan perkembangan pro sosial.
Menurut
pandangan Piaget perkembangan moral anak usia di bawah 6 tahun berada pada
tahapan Premoral, yaitu pengertian mereka dibatasi pada aturan dan alasan
mereka melakukan sesuatu, sedangkan tahapan moral realism, yaitu anak-anak
menjadi lebih mengerti aturan dan percaya bahwa aturan dibangun oleh semua
orang yang dijadikan figur dan unalterable.
Kohlberg
mendeskripsikan tahapan premoral sama dengan pandangan Piaget bahwa pada
tingkat ini anak berorientasi pada kepatuhan, tingkat kedua; naive conventional
hedonism, ketiga; morality of conventional role conformity, keempat;
authorithy-maintaining morality, kelima; post conventional moral thingking.
Tahapan
perkembangan menurut Erik Erikson adalah trush vs mistrust, autonomy vs shame
and doubt, initiative vs guilt, industry vs inferiority, identity and
rapudiation vs identity diffusion, intimacy and solidarity vs isolation,
generativity vs self absorption, integrity vs despair.
No comments:
Post a Comment