Asesmen Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini

Asesmen Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini
            Asesmen perkembangan fisik/motorik bertujuan agar guru mengetahui kekurangan dan kelemahan yang terdapat selama proses belajar mengajar fisik/motorik, sehingga guru dapat memperbaiki dengan cara yang benar pada kegiatan selanjutnya.
            Beberapa aspek yang harus diperhatikan guru dalam melaksanakan asesmen terhadap kegiatan pengembangan fisik/motorik, yaitu:
            1.         penilaian diri
            2.         respon anak
            3.         kesesuaian alat/bahan.
            Dalam melakukan penyusunan asesmen perkembangan fisik/motorik anak usia dini, perlu dipenuhi beberapa syarat proses asesmen pada anak usia dini yaitu sebagai berikut:
         1.         Dilakukan secara individual dengan membandingkan perkembangan anak saat ini dengan sebelumnya.
            2.         Mempertimbangkan adanya perbedaan dalam perkembangan , pengalaman, dan budaya anak.
            3.         Bukan dilakukan dengan situasi tes, melainkan alamiah.
            4.         Kemajuan tentang anak dilaporkan dalam konteks individual sehubungan dengan performansinya dalam tahap usianya, dan bukan merupakan sistem rangking.
            Asesmen bagi perkembangan fisik/motorik dapat dijadikan pedoman bagi guru untuk melihat kemajuan kemampuan anak dalam mengendalikan gerak-geriknya dan mengoordinasikan mata dan tangannya serta dengan anggota tubuh lainnya.
            Beberapa teknik pengumpulan data yang dapat dilakukan dalam asesmen perkembangan, di antaranya:
            1.      Strategi Asesmen Informal
                        1.   Observasi
                        2.   Teacher-designed measure
                        3.   Checklist Perkembangan
                        4.   Rating Seales
                        5.   Rubric
                        6.   Asesmen Portofolio tampilan
                        7.   Asesmen berbasis teknologi
                        8.   Catatan Anekdot
                        9.   Narasi/catatan harian
                        10. Daftar periksa pengamatan guru
                        11. Catatan frekuensi dan waktu
                        12. Asesmen decoding
            2.         Strategi Asesmen Formal
                        1.   Tes Terstandar
            Teknik analisis data asesmen dilakukan melalui tahap-tahap asesmen yang sangat tergantung pada tingkat apa penampilan motorik anak yang diharapkan, yaitu:
            1.         Global Assessment
            2.         Screening
            3.         Ongoing Qualitative Assessment

            4.   Individual Assessment For The Purpose Of Remediation

No comments:

Post a Comment