Tuesday, June 28, 2016

Rencana dan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas

Rencana dan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas

            Langkah langkah dalam PTK merupakan satu daur atau siklus yang terdiri dari:
            1.         merencanakan perbaikan
            2.         melaksanakan tindakan
            3.         mengamati
            4.         melakukan refleksi
            Untuk merencanakan perbaikan terlebih dahulu perlu dilakukan identifikasi masalah serta analisis dan perumusan masalah. Identifikasi masalah dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan pada diri sendiri tentang pembelajaran yang dikelola. Setelah masalah teridentifikasi, masalah perlu dianalisis dengan cara melakukan refleksi dan menelaah berbagai dokumen yang terkait. Dari hasil analisis, dipilih dan dirumuskan masalah yang paling mendesak dan mungkin dipecahkan oleh guru. Masalah kemudian dijabarkan secara operasional  agar dapat memandu usaha perbaikan.
            Setelah masalah dijabarkan, langkah berikutnya adalah mencari/mengembangkan cara perbaikan, yang dilakukan dengan mengkaji teori dan hasil penelitian yang relevan, berdiskusi dengan teman sejawat dann pakar, serta menggali pengalaman sendiri. Berdasarkan hasil yang dicapai dalam langkah ini, dikembangkan cara perbaikan atau tindakan yang sesuai kemampuan dan komitmen guru, kemampuan siswa, sarana dan fasilitas yang tersedia, serta iklim belajar dan iklim kerja di sekolah.
            Pelaksanaan tindakan dimulai dengan mempersiapkan rencana pembelajaran dan skenario tindakan termasuk bahan pelajaran dan tugas-tugas, menyiapkan alat pendukung/sarana lain yang diperlukan, mempersiapkan cara merekam dan menganalisa data, serta melakukan simulasi pelaksanaan jika diperlukan.
            Dalam melaksanakan tindakan atau perbaikan, observasi dan interprestasi dilakukan secara simultan. Aktor utama adalah guru, namun guru dapat dibantu oleh alat perekam data atau teman sejawat sebagai pengamat. Agar pelaksanaan tindakan sesuai dengan kaidah PTK, perlu diterapkan 6 kriteria berikut:
1.         metodologi penelitian jangan sampai mengganggu komitmen guru sebagai pengajar
2.         pengumpulan data jangan sampai menyita waktu guru terlampau banyak
3.         metodologi harus reliabel  hingga guru dapat menerapkan strategi yang sesuai dengan situasi kelasnya
4.         masalah yang ditangani guru harus sesuai dengan kemampuan dan komitmennya
5.         guru harus memperhatikan berbagai aturan dan etika yang berkaitan dengan tugasnya
6.         PTK harus mendapat dukungan dari masyarakat sekolah

No comments:

Post a Comment