PEMANFAATAN LINGKUNGAN MASYARAKAT KE DALAM PAUD


Macam-macam Lingkungan dan Fasilitas Umum Sosial yang Dapat Dimanfaatkan dalam PAUD
               Jenis lingkungan yang dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan kegiatan pembelajaran di TK terdiri dari atas lingkungan alam/fisik dan lingkungan sosial.
               Lingkungan alam/fisik merupakan segala sesuatu yang alamiah dan sifatnya relatif menetap, seperti air, tanah, batu-batuan, tumbuh-tumbuhan, hewan, sungai, iklim, suhu udara dan sebagainya.
               Lingkungan sosial berkenaan dengan interaksi anak dalam kehidupan bermasyarakat, dapat digunakan untuk mempelajari dasar-dasar ilmu sosial dan kemanusiaan.
               Lingkungan buatan yakni lingkungan yang sengaja diciptakan atau dibangun manusia untuk tujuan-tujuan tertentu yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Cara-cara Pemanfaatan Lingkungan Masyarakat ke dalam PAUD
               Pendidik anak usia dini perlu memiliki kemampuan yang memadai dalam memanfaatkan lingkungan masyarakat ke dalam pendidikan anak usia dini sehingga penyelenggaraan pendidikan anak usia dini dapat dilaksanakan denganmelibatkan potensi-potensi yang ada di dalam masyarakat.
               Kegiatan pemanfaatan lingkungan masyarakat ke dalam pendidikan anak usia dini bisa dilakukan dengan 2 cara; dengan cara membawa kelas atau anak ke dalam lingkungan yang akan dipelajari; dan dengan cara membawa lingkungan itu ke dalam kelas. Cara pertama dapat dilakukan melalui kegiatan karyawisata, perkemahan, dan pengamatan. Sedangkan cara ke dua yaitu dengan membawa lingkungan ke sekolah/kelas, seperti mendatangkan /mengundang nara sumber untuk berbicara secara langsung di depan anak-anak mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan bidang tugasnya masing-masing.

               Terdapat beberapa kegiatan yang dapat ditempuh dalam merancang pemanfaatan lingkungan masyarakat, yaitu; pertama, menentukan tujuan pembelajaran yang harus dicapai anak berkaitan dengan penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar; kedua, menentukan objek lingkungan yang akan dipelajari atau dikunjungi; ketiga, merumuskan cara belajar atau bentuk-bentuk kegiatan yang harus dilakukan anak selama mempelajari sumber belajar lingkungan; keempat, menyiapkan hal-hal yang sifatnya teknis.

No comments:

Post a Comment