PENGEMBANGAN KOGNITIF
PADA KURIKULUM 2004
Latar Belakang Perubahan
Kurikulum 2004
Perubahan
kurikulum 1994 menjadi kurikulum 2004 dilatarbelakangi oleh adanya perubahan
ilmu dan teknologi yang terus berkembang pesat di era globalisasi yang semakin
tidak tebendung.
Paradikma
perubahan kurikulum terjadi seiring dengan adanya perubahan yang terjadi dalam
Sistem Pendidikan Nasional seperti yang tertuang dalam UU No. 20 tahun 2003.
Selain itu didasari pula dengan adanya konferensi UNESCO di Dakar yang
bersemboyankan “Education for All, All for Education”.
Analisis
kurikulum 2004 berisikan sejumlah dokumen penting yang dijadikan pedoman dasar
dan harus dikuasai oleh pengembang sebelum pengimplementasian kurikulum di
lapangan.
Struktur kurikulum
Berbasis Kompetensi TK dan RA
Standar
kompetensi bagi TK dan RA terdiri dari bidang pengembangan pembentukan perilaku
melalui pembiasaan dan bidang pengembangan kemampuan dasar yang terdiri dari
kemampuan kognitif, berbahasa, fisik dan motorik serta kemampuan seni.
Pengembangan
kognitif bertujuan mengembangkan kemampuan berpikir anak untuk mengolah
perolehan belajarnya, dapat menemukan bermacam-macam alternatif pemecahan
masalah, membantu anak mengembangkan kemampuan logika, matematiknya dan
pengetahuan akan ruang dan waktu, serta mempunyai kemampuan untuk
memilah-milah, mengelompokkan, serta mempersiapkan pengembangan kemampuan
berpikir teliti.
No comments:
Post a Comment