Thursday, June 30, 2016

Disonansi Moral

Disonansi Moral
               Hakikat anak sebagai manusia pada umumnya memiliki 3 tenaga dalam yaitu Id, Ego, dan Super Ego yang akan memberikan pengaruh untuk melakukan berbagai kegiatan positif maupun negatif. Sebagai pendidik Taman Kanak-kanak kita harus mencermatinya agar dapat memberikan motivasi untuk mengarahkan pada kegiatan yang positif. Pendidikan akan sangat berarti bagi anak didik jika mampu membuahkan hasil, yaitu adanya perubahan sikap dan perilaku ke arah positif.
               Dalam teori penanaman moral dan etika, dikenal adanya istilah disonansi moral yang berarti gema, atau echo yang ada pada diri manusia yang bersifat melemahkan suara hati dan prinsip-prinsip, serta keyakinan dalam proses pendidikan maupun kehidupan. Lawan dari Disonansi Moral adalah Resonansi, yang justru mengukuhkan/menekankan adanya gema atau getar nilai, norma dan moral yang telah diketahui seseorang dari proses pendidikan sebelumnya. Peranan pendidik dan orangtua dalam hal ini adalah sebagai pengontrol dan pengendali perilaku dan sikap anak didik kita, dalam proses pendidikan yang merekajalani. Peranan Resonansilah yang patut kita tekankan dalam kegiatan pendidikan yang perlu kita desain bersama.

               Diri manusia memiliki struktur psikologis yang bertugas mengalirkan dorongan-dorongan atau energi psikis yang ada. Struktur ini berfungsi sebagai mediator atau dorongan dan perilaku seseorang.

No comments:

Post a Comment