Thursday, June 30, 2016

Dasar-dasar Kebijakan Pendidikan

Dasar-dasar Kebijakan Pendidikan
               Sebuah kebijakan pendidikan dirumuskan atas dasar evaluasi kebijakan sebelumnya yang kemudian digunakan untuk mengantisipasi masalah pendidikan. Terdapat 7 isu pendidikan yang dijadikan prioritas da dasar bagi penetapan dan perumusan kebijakan pendidikan. Rembuk Nasional Pendidikan pada dasarnya adalah melakukan analisis terhadap hasil evaluasi yang terdahulu maupun terhadap kebijakan yang sedang berjalan sehingga kita dapat mengadakan proyeksi, prediksi dan perkiraan serta dapat menentukan kebijaksanaan resmi karena sebagaimana disebutkan dalam Rembuk Nasional Pendidikan bahwa disamping mempersoalkan validitas, reliabilitas, dan fisibilitas alat-alat evaluasi, evaluasi pendidikan juga sekaligus melihat substansi yang dievaluasi. Kemudian informasi yang didapatkan dilihat kesahihan dan keandalannya dan substansi yang dievaluasi juga dilihat apakah telah sesuai dengan target-target yang telah ditetapkan.

               Contoh kaitan pendidikan dengan perubahan sosial, misalnya pertumbuhan ekonomi telah dapat diserap oleh peningkatan jumlah kaum terdidik, yang pada masa lalu hanya terbentuk dari lapisan kecil masyarakat saja. Sementara itu, dalam era pasca kemerdekaan hingga kini jumlah kaum terpelajar semakin meningkat dan telah menduduki jabatan-jabatan penting di pemerintahan. Kebijakan pendidikan yang dirumuskan sebagai hasil Rembuk Nasional Pendidikan, meliputi "bagaimana kebijakan dan strategi pendidikan dalam penuntasan wajar 9 tahun" dan "bagaimana kebijakan dan strategi pendidikan dalam peningkatan akses pendidikan menengah atau perintisan wajar 12 tahun". Anda dapat menyimak kebijakan hasil rembuk nasional yang meliputi "bagaimana kebijakan dan strategi pembangunan pendidikan dalam pemerataan dan peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan", bagaimana kebijakan pembangunan pendidikan dalam kaitannya dengan ujian nasional, kurikulum tingkat satuan pendidikan, akreditasi sekolah, akreditasi pendidikan nonformal,"bagaiman kebijakan pendidikan dlam upaya pemberantasan buta aksara dan pendidikan kecakapan hidup" bagaimana kebijakan pembangunan pendidikan dalam kaitannya dengan optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam penyelenggaraan pendidikan"

No comments:

Post a Comment