PENERAPAN KONSEP DASAR MUSIK DI TK


Penerapan Konsep Musik Dasar pada Anak TK
            Ada 5 kegiatan yang memberikan kesempatan kepada anak untuk mencapai kemampuan musik estetis dan benar, yaitu dengan mendengarkan, menyanyi, berekspresi dengan kualitas bunyi, mengekspresikan diri dengan bernyanyi, dan bermain musik, serta mengembangkan kreatifitas.
            Konsep dasar dan elemen musik yang perlu dimiliki anak dilakukan melalui pengalaman anak. Elemen itu meliputi ritme, melodi, volume, timbre, bentuk, tekstur dan karakter musik. Penanaman konsep dasar dan elemen musik dilakukan sesuai dengan perkembangan anak. Materi yang dapat diterapkan dalam kegiatan musik harus memperhatikan aspek kompetensi intelektual, emosional, sosial, perseptual, fisikal, kreativitas, dan estetika dalam musik.
Merancang Pergelaran Musik di TK
            Kegiatan musik bersifat terbuka dan tertutup. Kegiatan terbuka antara lain mempergelarkan musik dalam skala kecil maupun dalam skala besar. Kegiatan dalam skala kecil biasanya diadakan di dalam kelas, di sekolah dan dihadiri teman. Kegiatan pergelaran sebagai tontonan dihadapkan banyak orang diadakan di lingkungan sekolah atau di luar sekolah.
            Rancangan pergelaran amat penting untuk kemudahan semua pihak, berikut urutannya
1.         Penentuan Tujuan
2.         Penentuan Tema atau Tanpa Tema
3.         Urutan Pertunjukan
4.         Penentuan Pemain atau Pemeran
5.         Pemimpin Musik dan pemain alat musik pengiring
6.         Narator
7.         Pembisik
8.         Pembawa Acara
9.         Tata Suara
10.       Tata Rias
11.       Tata Busana
12.       Tata Cahaya
13.       Perlengkapan
Kita menentukan corak dan besarnya pergelaran sesuai dengan tujuan pergelaran dan disesuaikan dengan kondisi serta situasi sekolah  dengan sumber daya yang tesedia. Lebih baik pergelaran kita kecil tapi rapi dan apik dari pada besar tetapi kacau. Untuk mencapainya perlu diperhatikan hal-hal berikut:
1.         latihan harus dilakukan sesuai dengan hakikat dan perkembangan anak, suasana latihan perlu dijaga agar aman bagi anak.
2.         guru dapat bermain peran pada pementasan bila diperlukan. Hal ini tergantung pada tujuan pementasan dan jalan cerita.

3.         walaupun dalam bentuk pergelaran, konsep dasar pendidikan musik harus terwujud di dalamnya yaitu mendengarkan, menyanyi, bermain, musik, ekspresif, kreatif yang bermuara pada estesis. Pergelaran hendaknya memberikan pula kesempatan tiap individu anak berperan dalam kegiatan musik khususnya dan dalam kegiatan seni lainnya.

No comments:

Post a Comment