PELIBATAN ORANGTUA DAN MASYARAKAT DALAM PENDAMPINGAN PENGGUNAAN MEDIA ANAK USIA DINI


Pelibatan Orangtua dan Masyarakat dalam Pendampingan Penggunaan Media Noncetak
               Televisi sebagai salah satu media tayangan untuk anak dapat mempengaruhi perilaku dan sikap anak yaitu mempengaruhi perkembangan otak anak, memicu sikap konsumtif anak, menimbulkan sikap negatif pada anak, mempengaruhi semangat dan motivasi belajar anak, mempengaruhi pola pikir anak, mempengaruhi konsentrasi belajar anak, mempengaruhi konsentrasi belajar anak, mempengaruhi kreativitas anak, mempengaruhi kemampuan bersosialisasi dan komunikasi serta mempengaruhi kematangan seksual anak.
               Terdapat beberapa upaya yang dapat dilakukan orang tua dalam mendampingi anak pada saat menonton tayangan televisi yaitu menjelaskan materi yang ditayangkan, menjelaskan alasan suatu tayangan boleh/tidak ditonton, memilihkan tayangan yang layak disaksikan anak, membuat kesepakatan-kesepakatan tertentu dengan anak tentang cara menonton televisi, menjadikan televisi sebagai kegiatan tambahan saja, menentukan jam menonton sehingga waktunya tidak mengganggu dan seimbang dengan kegiatan-kegiatan yang lainnya, dan memberikan alternatif kegiatan lain selain kegiatan menonton televisi.
               Upaya-upaya praktis lain yang dapat dilakukan orangtua adalah memilih acara yang sesuai dengan usia anak, tidak memfasilitasi anak dengan televisi di kamarnya sendiri, berkomunikasi dengan anak tentang program favorit mereka, memberikan alternatif kegiatan lain, dan menyediakan buku bacaan untuk anak.
               Internet merupakan salah satu fasilitas yang dapat digunakan untuk memfasilitasi perkembangan anak. Melalui internet anak dapat secara leluasa mengeksplorasi informasi, gambar, tayangan video dan jenis informasi lainnya yang mereka butuhkan.
               Dalam pemanfaatan internet tersebut orangtua perlu melakukan pendampingan secara intensif sehingga materi yang diperoleh anak terhindar dari hal-hal yang negatif, seperti pornografi, kekerasan, sadisme dan lain sebagainya.

Pelibatan Orangtua dan Masyarakat dalam Pendampingan Penggunaan Media Cetak
               Pendampingan terhadap anak dalam memanfaatkan media cetak seperti buku dapat dilakukan terutama dalam proses pemilihan buku yaitu sebagai berikut.
1.            Bahasa buku, menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti oleh anak.
2.            Isi buku mengandung nilai moral/nilai kehidupan yang baik untuk anak.
3.            Isi buku membantu anak dalam mengembangkan imajinasinya dan wawasan lebih luas.
4.            Buku untuk anak usia di bawah 5 tahun sebaiknya yang tulisannya besar-besar dan atau teks yang singkat dengan halaman bergambar lebih banyak, sebaiknya menggunakan sampul tebal agar tidak mudah robek dan rusak, kuat dan kokoh, serta tokoh dan karakter yang ada dalam buku tersebut dekat dengan dunia anak.
5.            untuk anak usia 6 tahun ke atas, kita dapat memilihkan buku dengan teks atau tulisan yang lebih banyak dan cerita yang disajikan pun dapat lebih luas.
               Dalam penggunaan alat permainan, orangtua harus memperhatikan dan memilih alat-alat permainan sebagai berikut;
               1.            Alat permainan tersebut ditujukan untuk anak usia dini
               2.            Difungsikan untuk mengembangkan berbagai perkembangan anak usia dini
3.            Dapat digunakan dengan berbagai cara, bentuk, dan untuk bermacam tujuan aspek pengembangan atau bermanfaat multiguna
4.            Aman dan tidak berbahaya bagi anak
5.            Dirancang untuk mendorong aktivitas dan kreativitas anak
6.            Bersifat konstruktif atau ada sesuatu yang dihasilkan

7.            Mengandung nilai pendidikan

No comments:

Post a Comment