MACAM-MACAM PENDEKATAN UNTUK PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN


Macam-macam Pendekatan Pengembangan Nilai-nilai Keagamaan
               Mengembangkan nilai-nilai keagamaan pada diri anak, diperlukan berbagai macam metode dan pendekatan. Metode dan pendekatan ini berfungsi sebagai nilai untuk mencapai tujuan. Dalam menentukan pendekatan, guru perlu memperhatikan berbagai hal seperti tujuan yang hendak dicapai, karakteristik anak, jenis kegiatan, fasilitas/media, situasi dan tema/subtema yang dipilih.
               Pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata anak dan mendorong anak membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Pembelajaran kontekstual melibatkan 7 komponen utama pembelajaran efektif, antara lain adalah kontruktivisme, refleksi dan penilaian sebenarnya.
               Beberapa model pendekatan yang sesuai dengan karakteristik dunia anak TK antara lain bermain peran, karya wisata, bercakap-cakap, demonstrasi, proyek, bercerita, pemberian tugas dan keteladanan serta bernyanyi
Contoh Desain Macam-macam Pendekatan Pembelajaran Nilai-nilai Keagamaan bagi Anak Taman Kanak-kanak 
               Penyusunan desain pembelajaran nilai-nilai keagamaan ini harus mempertimbangkan berbagai hal di antaranya kesesuaian tingkat perkembangan dan kebutuhan anak, mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, berorientasi pada anak, menggunakan langkah-langkah kegiatan standar dan mengacu pada tujuan dan hasil belajar yang nyata.

               Hal-hal yang harus tercantum dalam format pembelajaran nilai-nilai keagamaan adalah tema, subtema, kelas/semester, kompetensi dasar, hasil belajar, indikator, metode/teknik, KBM, media pendukung, target kompetensi, dan penilaian yang meliputi lembar observasi dan waktu penilaian.

No comments:

Post a Comment