PENGETAHUAN DASAR DAN KETERAMPILAN MUSIK


Pengetahuan Dasar dan Keterampilan Musik
            Media musik: bunyi dan diam. Musik dibangun atas unsur-unsur musik yaitu ritme, melodi, harmoni, tekstur, dan bentuk.
            Unsur-unsur dibungkus oleh kualitas berupa warna bunyi dan kekuatan bunyi.  Definisi musik adalah:
            1.         pesona jiwa, alat membuat gembira, sedih, semangat, susah, dan penuh pengharapan.
            2.         seolah-olah mengangkat pikiran dan ingatan melambung tinggi.
            3.         emosi melampaui diri seperti gelombang di laut lepas.
            Bunyi-bunyi dalam musik mengandung faktor waktu, ruang dan tenaga. Adapun jenis musik ditinjau dari:
            1.         Sumber
                        1.         Vokal
                                    1.         Tunggal
                                    2.         Paduan Suara
                        2.         Instrumen
            2.         Gagasan Proses Penciptaan
                        1.         Seni untuk seni keindahan
                        2.         Programatis
            3.         Tatanan Masyarakat
                        1.         Istana, Klasik
                        2.         Tradisional. Rakyat
            4.         Fungsi
                        1.         Sakral
                        2.         Sekuler
                                    1.         Hiburan
                                    2.         Upacara
                                    3.         Tontonan
                                    4.         Pengetahuan
                                    5.         Penyembahan
                        3.         Pendidikan
                                    1.         Meningkatkan berbagai Kemampuan atau Kecerdasan
Pengetahuan Dasar Musik
            Musik memiliki tata bahasa, ilmu kalimat, dan retorik. Namun musik berbeda dengan bahasa. Elemen “kata” pada bahasa adalah materi yang konkret yang memiliki makna yang tetap, sedangkan “nada” pada musik bersifat absurd dan hanya bermakna ketika dia berada di antara nada-nada yang lainnya. Fungsi yang dimilikinya sangat besar dalam kehidupan manusia, seperti sebagai bagian dari kegiatan ritual keagamaan, sebagai media hiburan, pendidikan, dan kesehatan.
            Musik dibangun oleh elemen-elemen bunyi, melodi, ritme, harmoni, dan ekspresi. Bunyi itu sendiri terdiri dari pitch yang berhubungan dengan jangka waktu, nada-nada, intensitas yang berhubungan dengan kekuatan bunyi atau nada. Intensitas ini sering pula disebut sebagai bagian dari ekspresi musik yakni sebagai unsur dinamik. Satu lagi unsur bunyi yakni timbre atau warna nada/suara yang berkaitan dengan kualitas bunyi yang dihasilkan yang berhubungan dengan jenis materi dan teknik dihasilkannya suara.
            Elemen ritmik terdiri dari beat, meter, dan pola-pola irama. Beat terkait dengan ketukan teratur yang melatarbelakangi irama lagu. Meter berkaitan dengan pola beat yang bertekanan yang berulang-ulang.
            Elemen melodi pada musik berkaitan dengan unsur gerak maju melodi, wilayah nada, ukuran, tempo dan ritmik, kontur melodi. Gerak berpindah dari satu nada ke nada yang lain dalam sebuah lagu dikenal dengan gerak maju melodi yang dibatasi oleh wilayah nada yang berhubungan dengan picth nada yang tertingi dan terendah dalam lagu tersebut. Lagu anak usia TK biasanya memiliki panjang melodi yang terbatas, sekitar 6-12 birama.
            Hal ini sesuai dengan kemampuan dan perkembangan anak. Begitu pula dengan kontur melodinya. Pada umumnya berkontur landai dan sesekali ada loncatan nada.
            Sementara unsur harmoni dan ekspresi dalam lagu anak TK, tidaklah terlalu tampak. Namun untuk pengetahuan guru TK, pengetahuan tentang harmoni akan sangat membantu dalam mengembangkan  metode seni di sekolah. Unsur harmoni terdiri dari akor, tonalitas, tangga nada, dan interval.
            Sebagai guru TK, anda tidak dianjurkan untuk mengajarkan materi ini, namun anda sangat dianjurkan untuk memahaminya, karena pengetahuan ini akan membantu anda sebagai guru TK mengapresiasi lebih awal akan lagu-lagu anak yang akan dipilih menjadi lagu model di kelas.
Bernyanyi
            Medium musik pertama yang dimiliki manusia diduga adalah bernyanyi. Suara manusia diperkirakan merupakan medium musikal yang mendasari medium-medium musik lainnya. Musik vokal/bernyanyi memiliki ekspresi yang peling natural, komunikasi yang paling langsung dan merupakan kehalusan dari gambaran perasaan/emosi dan musik, serta kualitas kemanusiaan secara umum, karena vokal berasal dari tubuh si penyanyinya sendiri.
            Bernyanyi merupakan suatu bagian yang penting dalam pengembangan diri anak. Dalam bernyanyi, anak-anak akan dapat mengekspresikan apa yang dirasakan, dipikirkan, diimpikan secara pribadi, dan melalui bernyanyilah anak akan bersentuhan dengan sesuatu yang indah. Dengan demikian ada 2 hal yang perlu menjadi perhatian guru, yakni bagaimana memperkenalkan bernyanyi pada anak dan apa serta kapan mereka bernyanyi.
            Dalam menentukan kapan akan dilakukan kegiatan bernyanyi perlu diperhatikan waktu dan durasi kegiatan tersebut. Penempatan mata acara bernyanyi bersama sebaiknya perlu diperhatikan jenis mata acara sebelum dan sesudahnya. Pemilihan durasi atau waktu yang diperlukan untuk bernyanyi bersama kita perlu memperhatikan faktor tingkat usia dan kemampuan fisik anak. Selain itu, kita juga perlu memperhatikan  hal-hal lain, seperti posisi dan format bernyanyi, serta alat musik yang akan digunakan.
            Warna suara anak-anak biasanya tinggi, ringan dan melengking. Karakter suara ini harus disesuaikan dengan lagu-lagu anak. Kualitas suara anak tergantung pada faktor-faktor seperti pengalaman musikal, struktur dan perkembangan fisik anak, serta contoh-contoh nyanyian yang pernah didengar mereka.
            Bernyanyi yang benar tidaklah sesederhana yang dipikirkan. Menyuarakan notasi dalam bentuk teks lagu, bernafas, melembutkan dan mengeraskan volume, berusaha mengekspresikan dengan gerak tubuh, lalu selesai. Dalam bernyanyi ada teknik-teknik yang harus dikuasai sehingga suara yang dihasilkan adalah suara “orang bernyanyi”. Beberapa teknik yang perlu dikuasai adalah pembentukan dan olah suara, pernafasan, pengucapan, penguatan resonansi, vokalisasi, dan penjiwaan.
Keterampilan Bermain Musik
            Pengimitasian alat musik dimaksudkan untuk memberi kesempatan kepada anak didik dan guru dalam mengeksplorasi berbagai sumber bunyi instrumen dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah diperoleh dari lingkungan sekitar kita. Selain itu dengan mengimitasi bunyi instrumen guru dan anak didik akan memperoleh beberapa alat musik sederhana yang mungkin sulit diperoleh di tempat mengajar kita. Melalui pengimitasian alat musik, anak didik dan guru memperoleh kesempatan mengkreasikan instrumen musik dan bermain bersama.
            Namun demikian tetap sekolah harus memiliki beberapa instrumen yang wajib dimiliki untuk keperluan pembelajaran di kelas terutama berdasarkan jenis alat musik seperti instrumen melodis dan ritmis, dan alat musik berdasarkan karakter suaranya.
            Dalam mempelajari alat musik berbilah, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah organologi alat musiknya. Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah teknik penjarian dan teknik meniup.
            Alat musik tiup memerlukan penguasaan pernafasan yang bagus agar dihasilkan nada-nada yang standar tidak berubah selain menguasai teknik penjariannya. Teknik menyelaraskan perlu juga dikuasai agar guru dapat menyesuaikan pitch alat musik dengan picth suara anak didik.

            Sementara untuk mempelajari alat musik petik, pertama-tama kita harus mengetahui betul teknik penjarian agar dihasilkan nada-nada yang harmonis. Ada 2 teknik memetik gitar, yakni dipetik secara bersamaan dan petikan satu persatu dawai gitar.

No comments:

Post a Comment