Tuesday, June 28, 2016

Menulis dan Mendesimenasikan Laporan Penelitian Tindakan Kelas

Menulis dan Mendesimenasikan Laporan Penelitian Tindakan Kelas

            Dalam menulis laporan PTK perlu diperhatikan berbagai ketentuan, seperti etika penulisan, penggunaan bahasa indonesia ragam tulis, serta berbagai ketentuan teknis.
            Etika penulisan mencangkup; kejujuran, keobjektifan dan pengutipan. Ketiga aspek ini sangat berkaitan erat. Kejujuran menuntut penulisjujur terhadap diri sendiri dan orang lain dengan cara mengungkapkan dan menafsirkan data/informasi apa adanya tanpa dicampuri oleh kepentingan pribadi. Keobjektifan menuntut penulis menyajikan informasi sebagaimana adanya, tanpa manipulasi, sehingga apa yang dibaca oleh pembaca memang benar adanya. Pengutipan berkaitan dengan mengutib atau menggunakan pendapat orang lain dalam tulisan. Dalam hal ini, penulis harus mencantumkan sumber kutipan dengan mengikuti aturan yang berlaku.
            Penggunaan bahasa Indonesia ragam tulis, menuntut penulis memperhatikan kaidah-kaidah bahasa tulis, sehingga tingkat keterbacaan laporan menjadi tinggi. Kaidah bahasa tulis paling tidak mencangkup pilihan kata, struktur kalimat, paragraf, dan ejaan. Kata yang digunakan dalam laporan seyogyanya merupakan kata baku yang diketahui oleh umum, kalimat cukup luas untuk memenuhi unsur-unsur kalimat sempurna, paragraf merupakan paparan buah pikiran yang utuh, serta cara penulisan harus mengikuti aturan EYD.
            Ketentuan teknis berkaitan dengan penampilan laporan yang mudah dibaca. Ketentuan ini mencangkup, sistem penomoran, cara mengutip, serta huruf, spasi, dan margin. Sistem penomoran dapat menggunakan sistem digit atau campuran angka dan huruf, asal digunakan secara konsisten. Cara mengutip harus mengikuti aturan APA, sedang huruf yang digunakan adalah TNR atau Arial dengan font zise 12, spasi 1,5 serta margin 4433.

            Laporan PTK dapat didiseminasikan melalui berbagai pertemuan tatap muka seperti seminar, rapat kerja, kelompok kerja guru, di samping melalui berbagai media, seperti majalah, jurnal atau buletin.

No comments:

Post a Comment