Thursday, June 30, 2016

Ruang Lingkup Pengembangan Nilai-nilai Agama bagi Anak Taman Kanak-kanak

Ruang Lingkup Pengembangan Nilai-nilai Agama bagi Anak Taman Kanak-kanak
               Berdasarkan GBPKB TK, pengembangan nilai-nilai agama untuk anak TK berkisar pada kegiatan kehidupan sehari-hari. Secara khusus penanaman nilai-nilai keagamaan bagi anak TK adalah meletakkan dasar-dasar keimanan, kepribadian atau budi pekerti yang terpuji dan kebiasaan ibadah sesuai dengan kemampuan anak.
               Ada 3 aspek yang harus diperhatikan dalam menetapkan tujuan penanaman nilai-nilai keagamaan kepada anak TK, yaitu aspek usia, aspek fisik, dan aspek psikis anak.
               Rasa keagamaan dan nilai nilai keagamaan akan tumbuh dan berkembang seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan psikis maupun fisik anak. Perhatian anak terhadap nilai-nilai dan pemahaman agama akan muncul manakala mereka sering melihat dan terlibat dalam upacara-upacara keagamaan, dekorasi dan keindahan rumah ibadah, rutinitas, ritual orangtua dan lingkungan sekitar ketika menjalankan peribadatan.

               Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi  perkembangan nilai-nilai keagamaan pada diri anak, yaitu faktor pembawaan, dan faktor lingkungan.

No comments:

Post a Comment