Thursday, June 30, 2016

Pilar-pilar Pendidikan Nasional

Pilar-pilar Pendidikan Nasional
               Dalam perspektif ilmu pendidikan terdapat perbedaan perspektif antara pemikiran konservatif dan kritis liberalistik. Perspektif konservatif memaknai pendidikan sebagai agen pelestarian dari budaya yang resmi dianut, sedangkan dalam perspektif kritis liberalistik pendidikan didaulat sebagai agen dari perubahan sosial yang anti dominasi budaya tunggal.
               Realita sosial juga ikut mengkonstruksi pendidikan ke dalam berbagai wujud yang berbeda, walaupun realita sosial dan ilmu pengetahuan sebenarnya bukanlah hal yang bisa dikaji secara terpisah. Munculnya perbedaan perspektif dalam memaknai pendidikan tentu tidak terlepas dari latar belakang kondisi yang memunculkan berbagai macam perspektif tersebut.
               Yang menjadi persoalan bukan pada perspektif mana yang mendekati bentuk ideal, akan tetapi perspektif mana yang kira-kira sesuai dengan realitas kontemporer kita. Polemik tentang perspektif pendidikan mana yang cocok untuk diterapkan inilah yang menjadi persoalan utama yang harus dijawab ketika mulai berbicara tentang pendidikan di Indonesia.
               Pendidikan tidak terbatas pada apa yang dikonsepsikan Freire dan Derada. Pendidikan memiliki tugas untuk mendekatkan peserta didik dengan Tuhannya dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan. Dengan demikian, pendidikan memiliki dimensi spiritual-transendental yang merupakan bagian dari pendidikan keimanan yang sarat dengan nilai-nilai ketuhanan.

               Otoritas pendidikan tidak terjebak pada dikotomi konservatif dan liberalistik, namun perlu mengkonstruksi di atas landasan humanisme teosentri untuk membangun sistem pendidikan nasional berdasarkan Pancasila. Perlu dipahami pemikiran pendidikan antara konservatisme dan liberalme-kapitalisme harus diubah menjadi pendidikan kritis-dialogis yang membebaskan peserta didik dari segala penjajahan baik melalui sistem maupun model pengajarannya. 

No comments:

Post a Comment