Saturday, June 25, 2016

MODEL PENGEMBANGAN KOGNITIF

MODEL PENGEMBANGAN KOGNITIF
Model Perilaku Kognitif-Afektif dan Model Intelektual
               Model 3 dimensional dirancang untuk membantu guru menentukan tugas-tugas di dalam kelas yang berkenaan dengan dimensi kurikulum, perilaku anak dan perilaku guru. Model ini berlandaskan pada pemikiran bahwa krativitas perlu dipupuk secara menyeluruh dalam kurikulum dan bahwa anak harus mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dalam semua bidang kegiatan. Dengan menggunakan model ini guru  mampu menggunakan aneka ragam strategi yang akan meningkatkan pemikiran kratif anak di dalam kelas.
               Kemampuan kognitif manusia yang disebut struktur intelek. Model struktur ini menggambarkan keragaman kemampuan kognitif manusia, yang digambarkan dalam bentuk kubus 3 dimensi intelektual, yang maksudnya untuk menampilkan semua kognitif manusia.
Model Taksonomi Beserta Contoh Penerapannya

               Taksonomi banyak digunakan untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam kurikulum berdiferensiasi untuk anak berbakat serta untuk merencanakan dan mengevaluasi kegiatan belajar sedemikian sehingga anak dapat mengembangkan kemampuan kognitif mereka sepenuhnya. Dengan menggunakan taksonomi ini, pengajar memberikan kesempatan kepada anak untuk memperluas proses-proses pemikiran mereka, dimana anak dapat dengan segera mengenali cara bagaimana berpikir, pada tingkat mana pertanyaan yang mereka ajukan dan sifat kegiatan dimana mereka terlibat.

No comments:

Post a Comment