PEMBELAJARAN SENI DI TK


Rancangan Pembelajaran Seni di TK
            Pengembangan kurikulum nasional pendidikan seni di TK berdasarkan kompetensi dasar, konsep pembelajaran terpadu dengan kompetensi lintas kurikulum
            Pembelajaran terpadu seni di TK dapat dilakukan dalam beberapa model, keterpaduan belajar antar bidang seni dengan melihat keterpaduan bidang kemampuan yang satu dengan yang lain
            Dalam proses pembelajaran seni TK diusahakan agar anak memperoleh beragam pengalaman baik dalam bidang seni maupun bukan bidang seni
Evaluasi Pembelajaran Seni
            Evaluasi pendidikan seni meliputi aspek intelektual, perseptual, emosional, sosial, fisik, kreativitas, dan estetika
            Penilaian diperoleh melalui catatan harian, wawancara dengan anak dan orang yang dekat dengan anak dan portofolio. Laporan hasil penilaian berbetuk uraian.
Apresiasi Seni di TK
            Apresiasi seni adalah kesadaran terhadap nilai-nilai seni dan budaya. Apresiasi berarti pula penghargaan terhadap sesuatu, dalam hal ini penghargaan terhadap pelaku seni dan karya seni. Apresiasi seni harus ditumbuhkan dan dikembangkan pada anak.
            Cara menumbuhkan apresiasi seni musik adalah sengan cara mendengarkan, bereksplorasi, bermain musik, dan bernyanyi. Apresiasi seni tari dapat ditumbuhkan dengan cara mendengar, melihat, melihat dan mendengarkan, bereksplorasi dan menari. Sedangkan untuk menumbuhkan apresiasi seni rupa dapat dilakukan dengan melihat, eksplorasi, membuat/mencipta.
            Pada waktu menonton pagelaran musik dan tari serta pameran seni rupa diperlukan mematuhi tata tertib. Tata tertib perlu ditanamkan pada anak dengan beberapa cara, antara lain
            1.         memberikan pengertian agar tidak mengganggu pagelaran
2.         berbisik di telinga anak apabila ingin menyampaikan pesan, demikian sebaliknya
3.         menyiapkan diri anak sebelum pagelaran dimulai agar menonton dengan perut terisi

            Kesadaran estetik seni adalah muara pendidikan seni yang dapat ditumbuhkan sejak usia dini sesuai dengan perkembangan anak, antara lain melalui apresiasi seni. Kesadaran estetika seni dipengaruhi faktor budaya, sosial ekonomi, pengaruh media masa, dan kemampuan berpikir fleksibel.

No comments:

Post a Comment