Tuesday, June 28, 2016

Melaksanakan Perbaikan Pembelajaran

Melaksanakan Perbaikan Pembelajaran

            Pelaksanaan tindakan perbaikan harus diawali dengan persiapan akhir, yang meliputi pemeriksaan berbagai kegiatan aspek berikut:
            1.         komponen rencana perbaikan secara keseluruhan
            2.         kelogisan pertanyaan yang akan diajukan
            3.         ketersediaan alat-alat pelajaran yang diperlukan
            4.         mencobakan alat-alat pelajaran yang akan digunakan
            5.         urutan kegiatan pada setiap tahap
            6.         kesiapan lembar observasi yang akan digunakan
            7.         kesiapan teman sejawat untuk membantu sebagai pengamat jika memang                      diperlukan
            Semua kegiatan ini perlu dilakukan untuk menyakinkan keberhasilan tindakan perbaikan. Setelah melakukan persiapan akhir, guru siap untuk melakukan tindakan perbaikan.
            Pelaksanaan tindakan perbaikan berlangsung di kelas guru sendiri sesuai dengan rencana perbaikan yang telah disiapkan. selama pelaksanan perbaikan, di samping mengajar, guru mengumpulkan data, yang dapat dilakukan dengan bantuan teman sejawat atau tanpa bantuan. Oleh karena itu, guru perlu membuat catatan jika ada kesempatan, atau segera mencatat peristiwa penting setelah pelajaran usai.
            Keberhasilan tindakan perbaikan banyak tergantung dari keyakinan guru akan langkah-langkah yang telah disiapkan, kesiapan guru untuk melaksanakan perbaikan, dan tentu saja komitmen dan kerja keras.

            Refleksi dilakukan setelah data pembelajaran diolah, atau setelah guru mempunyai gambaran tentang keberhasilan atau kegagalan serta kekuatan atau kelemahan tindakan perbaikan yang dilakukan. Kekuatan ingatan dan kejujuran dalam melakukan refleksi akan sangat membantu guru menemukan kekuatan dan kelemahan tindakan perbaikan yang telah dilakukan, sehingga dapat dihasilkan masukan yang bermakna bagi perencanaan daur berikutnya. 

No comments:

Post a Comment