Thursday, June 30, 2016

Sifat-sifat Pemahaman Anak Taman Kanak-kanak pada Nilai Keagamaan

Sifat-sifat Pemahaman Anak Taman Kanak-kanak pada Nilai Keagamaan
               Sifat-sifat pemahaman anak usia TK terhadap nilai-nilai keagamaan pada saat mengikuti kegiatan belajar mengajar di antaranya:
1.            pemahaman dan kemampuan anak dalam mempelajari nilai-nilai agama sering menampilkan suatu hal yang tidak serius. Mereka melakukan kegiatan ibadah pun dengan sikap dan sifat dasar yang kekanak-kanakan. Tidak mampu memahami konsep agama dengan mendalam.
2.            dalam mempelajari nilai-nilai agama, anak usia TK terkadang belum mampu bersikap dan bertindak konsisten. Anak lebih terfokus pada hal-hal yang menguntungkan dirinya.
3.            anak akan mengalami salah pengertian dalam memahami suatu ajaran agama yang banyak bersifat abstrak.
4.            kondisi ini dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan nilai-nilai agama pada diri mereka dengan cara memperkenalkan istilah, bacaan, dan ungkapan yang bersifat agamis. Seperti memberi latihan menghafal, mengucapkan, memperagakan, dan sebagainya.
5.            anak banyak belajar dari apa yang mereka lihat secara langsung. Mereka banyak meniru dari apa yang pernah dilihatnya sebagai sebuah pengalaman belajar.

               Dengan demikian guru dan orangtua harus memperhatikan sifat-sifat tersebut untuk kepentingan menentukan pendekatan pembelajaran yang tepat buat anak. Kita harus tetap melakukan pendekatan progresif dan penyadaran jiwa dan kepribadian mereka.

No comments:

Post a Comment