Thursday, June 30, 2016

Peranan Penelitian Tindakan Kelas dalam Mengatasi Masalah Pembelajaran

Peranan Penelitian Tindakan Kelas dalam Mengatasi Masalah Pembelajaran
               Penelitian tindakan kelas merupakan suatu pendekatan dalam memecahkan masalah pendidikan. di samping itu, dapat memerankan guru sebagai pendidik sekaligus dapat berperan sebagai peneliti dalam memecahkan masalah pendidikan.
               Penelitian tindakan kelas terjadi apabila guru ingin tahu dan ingin memecahkan masalah untuk memperbaiki mutu pendidikan, untuk itu ia melakukan tindakan yang berhubungan dengan stuasi kelasnya.
               Seorang guru yang melakukan penelitian tindakan di dalam kelas dikatakan melakukan penelitian tindakan kelas, yaitu gabungan antara penelitian tindakan dan penelitian kelas.
               Langkah-langkah penelitian kelas, meliputi mengidentifikasi masalah, menganalisis masalah, dan menentukan faktor-faktor yang diduga sebagai penyebab utama merumuskan gagasan-gagasan pemecahan masalah bagi faktor penyebab utama yang gawat dengan mengumpulkan data dan menafsirkannya untuk mempertajam gagasan tersebut dan untuk merumuskan hipotesis tindakan sebagai pemecahan masalah.

               Langkah-langkah dalam penelitian kelas, meliputi kelaikan solusi atau pilihan pemecahan masalah, merancang model PTK sesuai dengan permasalahan, rencana kegiatan tindakan dan keadaan situasi kelas mengatur langkah-langkah tindakan yang akan dilakukan, melakukan identifikasi komponen-komponen pendukung yang diperlukan melakukan pengaturan dan penyusunan jadwal kegiatan yang akan dilakukan, menyusun desain tindakan sesuai dengan model PTK dan jadwal kegiatan.

No comments:

Post a Comment