PENDEKATAN INOVATIF UNTUK PENGEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA BAGI ANAK TAMAN KANAK-KANAK


Pendekatan Inovatif untuk Pengembangan Nilai-nilai Agama bagi Anak Taman Kanak-kanak
               Pengembangan nilai-nilai agama di TK berkaitan erat dengan pembentukan perilaku manusia, sikap, dan keyakinan. Oleh karena itu, diperlukan berbagai inovasi pengembangan yang komprehensif sesuai dengan perkembangan dan kemampuan anak didik. Adapun yang melatarbelakangi esensi inovasi dalam bidang pengembangan pembelajaran adalah munculnya berbagai kendala dan kelemahan serta kekuranglengkapan yang ada di lingkungan penyelenggaraan pendidikan di TK.
               Untuk melaksanakan program pembelajaran nilai-nilai agama tersebut guru harus mempelajari berbagai pendekatan yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan anak didik, menyiapkan kurikulum yang komprehensif, dan adanya kesinambungan antar satu program pengembangan dengan program lainnya.
               Alternatif inovasi dalam rangka meningkatkan efektivitas kegiatan belajar mengajar bagi peserta didik adalah perlu adanya kurikulum terpadu, pendekatan pembelajaran terpadu, dan hari terpadu.
Prinsip-prinsip Inovasi untuk Pengembangan Nilai-nilai Agama Anak Taman Kanak-kanak
               Beberapa inovasi pendekatan pembelajaran termasuk dalam mengembangkan nilai-nilai agama bagi anak TK antara lain pengalaman belajar, belajar aktif, dan belajar proses.
               Upaya yang dapat dilakukan oleh orangtua dan guru dalam rangka mengembangkan cinta belajar pada diri anak adalah sebagai berikut:
               1.            kasih sayang
               2.            perlindungan dan perawatan
               3.            waktu yang diberikan kepada anak
               4.            lingkungan belajar yang kondusif
               5.            belajar bersikap adalah belajar nilai
               6.            belajar moral di usia dini
               Upaya tersebut didasarkan pada prinsip developmentally appropriate practice dan prinsip enjoyable.
               Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan inovasi pendekatan dan pengembangan nilai-nilai agama pada anak TK adalah sebagai berikut
               1.            berorientasi pada kebutuhan anak
               2.            belajar melalui bermain
               3.            kreatif dan inovatif
               4.            lingkungan yang kondusif
               5.            menggunakan pembelajaran terpadu
               6.            mengembangkan keterampilan hidup
               7.            menggunakan berbagai media dan sumber belajar

               8.            pembelajaran yang berorientasi pada prinsip-prinsip perkembangan anak

No comments:

Post a Comment