Tuesday, June 28, 2016

Langkah-langkah Perencanaan Penelititan Tindakan Kelas

Langkah-langkah Perencanaan Penelititan Tindakan Kelas

            Menemukan masalah pembelajaran merupakan langkah awal dalam PTK. Masalah pembelajaran sangat beragam, seperti masalah yang berkaitan dengan strategi pembelajaran , hasil belajar siswa, sarana dan fasilitas pembelajaran atau kurangnya motifasi siswa dalam belajar. untuk menemukan masalah, perlu dilakukan identifikasi masalah.
            Identifikasi masalah dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti; melakukan refleksi untuk mendiaknosis pembelajaran yang kita kelola, melihat hasil belajar siswa, atau melakukan diskusi dengan teman sejawat, bahkan dengan kepala sekolah atau dosen LPTK.
            Masalah yang  sudah diidentifikasi perlu dianalisis agar akar penyebab masalah dapat kita temukan. Analisis masalah dapat dilakukan paling tidak dengan 3 cara yaitu:
            1.         merenungkan kembali masalah tersebut dengan melakukan instropeksi atau                     refleksi melalui pertanyaan yang diajukan pada diri sendiri, mengapa masalah                tersebut sampai terjadi.
            2.         bertanya kepada siswa baik melalui angket maupun wawancara langsung                                 tentang persepsinya terhadap pembelajaran.
            3.         menelaah berbagai dokumen seperti pekerjaan rumah siswa, soal-soal                             ulangan, serta hasil ulangan/latihan siswa. Analisis berakhir jika akar                                  penyebab masalah sudah ditemukan.
            Berdasarkan akar penyebab masalah, jika dapat merumuskan masalah pembalajaran dalam bentuk masalah/pertanyaan penelitian, yang akan dicari jawabannya dalam PTK. Sehubungan dengan itu, rumusan masalah dibuat dalam bentuk kalimat tanya, mengandung aspek yang diperbaiki dan upaya memperbaikinya.

            Setelah masalah dirumuskan, hal berikut yang perlu dilakukan adalah mengembangkan tindakan perbaikan, yang diperkirakan dapat mengatasi masalah pembelajaran. untuk mengembangkan tindakan perbaikan perlu dilakukan hal-hal berikut. Pertama, kaji teori-teori yang relevan. kemudian, tetapkan teori mana yang kira-kira sesuai diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut. Kedua, berdiskusi dengan pakar pembelajaran/pakar bidang studi untuk menemukan cara perbaikan atau memvalidasi teori yang sudah ditetapkan. Ketiga, kita dapat mengingat pengalaman kita sendiri dalam mengatasi masalah yang serupa.

No comments:

Post a Comment