Thursday, June 30, 2016

Pendekatan Pengembangan Moral bagi Anak Taman Kanak-kanak

Pendekatan Pengembangan Moral bagi Anak Taman Kanak-kanak
               Setiap tindakan pendidik atau orangtua dalam melakukan suatu kegiatan pendidikan seyogyanya dilandasi oleh keputusan profesional yang diambil berdasarkan informasi dan pengetahuan yang sekurang-kurangnya meliputi 3 hal, yaitu apa yang diketahui tentang proses belajar dan perkembangan anak, apa yang diketahui tentang kekuatan, minat dan kebutuhan setiap individu anak di dalam kelompoknya, serta pengetahuan tentang konteks sosial kultural di mana anak hidup.

               Hal yang perlu menjadi bahan pemahaman para pendidik dan orangtua dalam rangka menentukan pendekatan yang tepat dalam kegiatan belajar mengajar adalah pengetahuan tentang  teknik membentuk tingkah laku anak. Teknik itu meliputi teknik memahami, mengabaiakan, mengalihkan perhatian, keteladanan, hadiah, perjanjian, membentuk, mengubah lingkungan rumah, memuji, mengajak, menantang, menggunakan akibat yang wajar dan alamiah, sugesti, meminta, peringatan atau isyarat, kerutinan dan kebiasaan, menghasapkan suatu problem, memecahkan perselisihan, menentukan batas-batas aturan, menimpakan hukum, penentuan waktu dan jumlah hukuman, serta melakukan pengendalian secara fisik.

No comments:

Post a Comment