INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN ANAK TAMAN KANAK-KANAK


Instrumen Penilaian dalam Pengembangan Nilai-nilai Keagamaan Anak Taman Kanak-kanak
               Penilaian itu melaksanakan pada proses pembelajaran. Oleh sebab itu, data yang dikumpulkan harus diperoleh dari kegiatan nyata yang dikerjakan anak pada saat melakukan proses pembelajaran. Karakteristik penilaian yang ideal adalah dilaksanakan selama dan sesudah pembelajaran berlangsung, bisa digunakan untuk formatif formasi, berkesinambungan, terintegrasi dan dapat digunakan sebagai feed back.
               Untuk menjaring data hasil belajar, anda dapat menggunakan hal-hal yang bisa memberikan masukan penilaian prestasi anak seperti anak seperti hasil dari kegiatan /proyek, pekerjaan rumah, karya wisata, penampilan anak, demonstrasi, dan catatan observasi.
               Instrumen yang dapat anda digunakan untuk penilaian  di TK dengan memperhatikan sifat dan karakteristik adalah hasil kerja anak yang meliputi hasil karya, hasil penugasan, kinerja anak, tes tertulis, dan format observasi.
Petunjuk Penggunaan Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai-nilai Keagamaan Anak Taman Kanak-kanak
               Alat penilaian yang digunakan untuk menilai bidang pengembangan nilai-nilai agama adalah sebagai berikut pengamatan dan pencatatan anekdot, penugasan melalui tes perbuatan, pertanyaan lisan dan menceritakan kembali.

               Hal-hal yang dapat dicatat guru sebagai  bahan penilaian adalah anak-anak yang belum dapat menyelesaikan tugas dan anak-anak yang dapat menyelesaikan tugas dengan cepat, kebiasaan anak yang belum sesuai dengan yang diharapkan dan kejadian-kejadian penting yang terjadi pada hari penulisan pelaporan hasil penilaian pada laporan perkembangan anak. Sebelum uraian, terlebih dahulu dilaporkan perkembangan anak secara umum untuk tiap-tiap program pengembangan. Untuk laporan secara lisan dapat dilaksanakan dengan bertatap muka dan mengadakan hubungan atau informasi timbal balik antara pihak TK dan orangtua dari si anak.

No comments:

Post a Comment