Tuesday, June 28, 2016

Pengumpulan dan Analisis Data, serta Tindak Lanjut

Pengumpulan dan Analisis Data, serta Tindak Lanjut

            Pengumpulan data dalam PTK dapat dilakukan dengan berbagai teknik seperti observasi, catatan harian, rekaman, angket, wawancara, serta analisis dokumen hasil belajar siswa.
            Tahap observasi dan interpretasi dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan tindakan perbaikan. Selain untuk menginterpretasikan  peristiwa yang muncul sebelum direkam, interpretasi juga membantu guru melakukan penyesuaian. Observasi yang efektif berlandaskan pada lima prinsip dasar yaitu;
            1.         harus ada perencanaan bersama antara guru dan pengamat
            2.         fokus observasi harus ditetapkan bersama
            3.         guru dan pengamat harus membangun kriteria observasi bersama-sama
            4.         pengamat harus memiliki keterampilan mengobservasi
5.         observasi akan bermanfaat jika balikan diberikan segera dan mengikuti berbagai aturan
            Ada 4 jenis observasi yang dapat dipilih, yaitu observasi terbuka, observasi terfokus, observasi tersetruktur dan observasi sistematik. Observasi yang bertujuan untuk memantau proses dan dampak perbaiakn dilakukan dengan mengikuti 3 langkah yang merupakan 1 siklus yang selalu berulang, yaitu pertemuan pendahuluan (prencanaan), pelaksanaan observasi, dan diskusi balikan. Agar ketiga tahap ini berlangsung efektif, hubungan guru dan pengamat harus didasari saling mempercayai, fokus kegiatan adalah perbaikan, proses tergantung dari pengumpulan dan pemanfaatan data yang objektif, guru didorong untuk mengambil kesimpulan, setiap tahap observasi merupakan proses yang berkesinambungan, serta guru dan pengamat terlibat dalam perkembangan profesional yang saling menguntungkan.
            Selain melalui observasi, data mengenai pembelajaran dapat dikumpulkan melalui catatan harian guru, catatan harian siswa, wawancara, angket, dan telaah berbagai dokumen.

            Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan mengelompokkan data, memaparkan dan mendeskripsikan data dalam bentuk narasi , tabel dan grafik serta menyimpulkan dalam bentuk pernyataan. Berdasarkan analisis dilakukan refleksi , yaitu renungan atau mengingat kembaliapa yang sudah berhasil dikerjakan, mengapa berhasil. Berdasarkan hasil refleksi, guru melakukan perencanaan tindak lanjut, yang dapat berupa revisi dari rencana lama, atau baru sama sekali

No comments:

Post a Comment